TANAMAN KHAS KOTA JAKARTA - ngasih.com

TANAMAN KHAS KOTA JAKARTA

tanaman khas kalimantan tengah, tanaman khas jepang, tanaman khas jawa tengah, tanaman khas jawa barat, tanaman khas papua, tanaman khas kalimantan, tanaman khas tulungagung, tanaman khas riau

Mengenal tanaman khas kota Jakarta.
gambar : mobil.sportku.com

Jakarta sebagai barometer Indonesia tak lepas dari upaya mempercantik wajah kota dengan penanaman berbagai jenis tanaman. Dari sekian banyak jenis tanaman di Jakarta, ada beberapa tanaman yang sudah begitu melekat dengan kota Jakarta. Nama tanaman ada yang digunakan untuk menamai sebuah kawasan atau daerah, seperti Kemang, Bintaro, Menteng, atau nama jalan, seperti Gandaria, Asam, atau lainnya. Bahkan ada tanaman yang mengingatkan orang akan kota Jakarta, misalnya Salak Condet, Rambutan Lebakbulus, atau Durian Sitokong.

Tanaman-tanaman itu ada yang memang asli Jakarta, ada juga yang terdapat di luar Jakarta. Bahkan ada beberapa tanaman yang kini sudah mulai langka sehingga Pemda DKI Jakarta berupaya untuk melindungi dan melestarikannya. Di antara tanaman-tanaman yang ada di Jakarta itu adalah sebagai berikut :

1. Gandaria

tanaman gandaria, tanaman gandaria dapat digunakan untuk, budidaya tanaman gandaria, klasifikasi tanaman gandarusa, asal tanaman gandaria

Tanaman gandaria

Nama latin : Bouea macrophylla
Nama lain : ramania (Kalimantan), gandoriah (Minangkabau), gondariya (Jawa),  jatake, gandaria (Sunda)
Famili : Anacardiaceae

Keterangan : Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Ia tumbuh baik pada ketinggian 500-800 m dpl. Tinggi tanaman 15-20 meter. Daunnya lanset panjang, permukaannya halus dan mengkilap, tersusun pada cabang-cabang yang kecil dan terkulai seolah menggantung, membentuk tajuk yang rapat. Buahnya kecil-kecil, bulat seperti kelereng, bisa dimakan segar, dibuat asinan atau bumbu sambal, rasanya asam atau asam-manis. Sekarang Gandaria menjadi nama tempat di Kebayoran Baru dan di Jalan Raya Jakarta Bogor.

2. Kecapi

tanaman kecapi, budidaya tanaman kecapi, klasifikasi tanaman kecapi, manfaat tanaman kecapi, deskripsi tanaman kecapi

Tanaman Kecapi

Nama latin : Sandoricum kucape
Nama lain : sentul (Ind.), setul, seutoy (Aceh), santu (Minangkabau), kacape sentol (Madura).
Famili : Meliaceae

Keterangan  :  Pohon kecapi tumbuh tegak mencapai 25-30 meter, dengan diameter batang 70-90 cm. Percabangnya banyak, membentuk tajuk rapat/lebat. Bunganya melimpah, berwarna kehijauan. Buahnya bulat sampai agak pipih, berwarna kuning sampai kuning kehijauan, kulitnya kasar sedikit berbulu. Pertumbuhannya cepat, cocok digunakan sebagai tanaman pelindung. Kecapi tumbuh baik sampai ketinggian 1.200 m dpl. Ia menyukai tempat-tempat yang lembap tetapi tidak tergenang air. Sekarang sentul menjadi nama sebuah sirkuit mobil kelas internasional di Citeureup.

3. Kemang

kemang adalah, tanaman kemangi dan manfaatnya, tanaman kemangi, tanaman kemangi hutan, tanaman kemangi dan khasiatnya, tanaman kemangi pdf

Tanaman kemang

Nama latin : Mangifera caesia
Nama lain : wani (Bali)
Famili : Anacardiaceae

Keterangan : Kemang berbatang tegak, tingginya bisa mencapai 40 meter. Kulit batang abu-abu dan tampak pecah-pecah. Daunnya lanset, panjang 22-31 cm, lebar 7-15 cm, ujungnya runcing dan tepinya rata. Daun-daun yang masih muda berwarna kemerah-merahan. Bunga-bunganya melimpah, tersusun dalam malai tegak, berwarna ungu keputih-putihan. Buah berbentuk lonjong, tidak simetris, berwarna kecokelatan. Tanaman ini akan membentuk tajuk yang sangat indah, khususnya pada saat muncul tunas-tunas baru atau bunga bermekaran. Sekarang kemang menjadi nama kawasan elit tempat tinggal orang-orang asing di Jakarta.

4. Menteng

tanaman menteng, budidaya tanaman menteng, tanaman buah menteng, klasifikasi tanaman menteng, manfaat tanaman menteng

Tanaman menteng

Nama latin :    Baccaurea racemosa
Nama lain :    kapundung, ki meyong, ki menteng (Sunda), jirek kapundung (Jawa).
Famili    :    Euphorbiaceae

Keterangan : Tinggi tanaman 15-25 meter, besar batang 25-70 cm. Tanaman ini tumbuh baik sampai ketinggian 800 m dpl. Percabangannya banyak dan membentuk tajuk yang rapat. Buahnya kecil-kecil, bergerombol pada tangkai yang muncul dari cabang atau batangnya. Rasa buahnya asam-manis, kulit buahnya tebal, sering dibuat asinan. Kini Menteng adalah sebuah kawasan pemukiman di Jakarta Pusat.

5. Durian sitokong

tanaman durian supaya cepat berbuah, tanaman sela durian, perbanyakan tanaman durian secara generatif, cara tanam durian super, tanaman sawo durian

Durian sitokong

Nama latin  :    Durio zibethinus
Nama lain   :    –
Famili    :    Bombacaceae

Keterangan : Tanaman ini asli Betawi, tepatnya dari Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta. Poon bisa tumbuh tinggi mencapai 15-20 m. Percabangannya rapat dan tumbuh horizontal. Daun sitokong panjangnya 3,5 kali lebarnya, permukaan atas berwarna hijau, permukaan bawah krem. Posisi daun mendatar tetapi ujungnya yang runcing melengkung ke bawah.

Baca Juga :  10 Jenis Tanaman Hias Gantung Berbunga

6. Jambu Cincalo Gondrong

tanaman jambu cincalo, tanaman jambu cincalo gondrong

Tanaman Jambu cincalo gondrong

Nama latin : Syzygium samarangense
Nama lain : jambu gondrong, jambu semarang gondrong.
Famili : Myrtaceae

Keterangan  : Tanaman ini asal mulanya dari desa Gondrong, Kecamatan Cipondoh, manis tak berbiji, ia sangat disukai dan terkenal. Dia terkenal dengan sebutan cincalo gondrong, karena jambu yang enak itu berasal dari desa Gondrong. Buahnya memanjang mirip lonceng, panjang 7 cm, diameter ujungnya 6 cm. Buah yang telah matang berwarna merah tua kecokelatan. Daging buah renyah, manis, dan tak berbiji.

7. Salak Condet

tanaman salak madu, tanaman salak pondoh, tanaman salak, tanaman salak pdf, tanaman salak bali

Tanaman salak condet

Nama latin :    Salacca edulis
Nama lain   :    –
Famili   :    Palmae

Keterangan  : Salak ini berasal dari Condet, Cililitan, Jakarta. Keberadaan salak ini sudah hampir punah sehingga Pemda DKI Jakarta berupaya untuk melindungi dan melestarikannya. Tanaman semak yang berduri ini hidup merumpun, tingginya dapat mencapai 7 meter, tetapi rata-rata 4,5 meter. Anak daun hijau tua, berbentuk pita panjang dengan pangkal menyempit. Buahnya berbentuk bulat telur atau bulat telur terbalik. Daging buah tebal, rasanya manis agak sepet sampai manis.

8. Rambutan Rapiah

tanaman rambutan rapiah, tanaman rambutan dalam pot, tanaman rambutan gading, tanaman rambutan binjai

Tanaman rambutan rapiah

Nama latin : Nephelium lappaceum
Nama lain : –
Famili : Sapindaceae

Keterangan : Sosok tanaman hampir sama dengan jenis rambutan lain. Hanya saja daunnya lebih kecil daripada rambutan binjai. Buahnya juga lebih kecil, bentuknya bulat berpelat, berwarna hijau kekuningan. Daging buah putih, ngelotok, manis, dan kulit biji agak melekat. Rambutan ini berasal dari Pasar Minggu, Jakarta. Nama rapiah konon diambil dari nama Ny. Rapiah yang pertama-tama memiliki tanaman ini.

9. Namnam

tanaman nam nam, tanaman buah nam nam, manfaat tanaman nam-nam, tanam nam nam

Tanaman nam nam

Nama latin  :    Cynometra cauliflora
Nama lain :    namu-namu (Manado), kapi anjing (Sunda), namnam (Jawa, Madura), kuwanjo (Bali).
Famili :    Leguminosae

Keterangan :    Di Jakarta tanaman ini tergolong langka sehingga Pemda DKI Jakarta berupaya untuk melindungi dan melestarikannya. Tinggi tanaman 5-10 meter, dengan batang yang permukaannya berbenjol-benjol. Daun berbentuk oval, panjang 5-10 cm, lebar 3-5 cm, berwarna kemerahan bila masih muda dan hijau cerah bila tua. Tanaman ini memiliki tajuk yang bulat dan rimbun, tampak sangat indah bila daun-daun mudanya mulai bermunculan. Buahnya yang berbentuk seperti tampak atraktif menempel pada batangnya.

10. Rambutan Lebakbulus

pohon buah rambutan, pohon rambutan binjai, pohon rambutan rapiah, pohon rambutan cepat berbuah, pohon rambutan berbuah lebat

Tanaman Rambutan lebak bulus

Nama latin : Nephelium lappaceum
Nama lain : –
Famili : Sapindaceae

Keterangan : Rambutan ini juga asli dari Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta. Yang membedakan dari rambutan lain adalah buahnya yang berbentuk bulat, berambut panjang dan halus. Warna buah merah, ujung rambut berwarna kekuningan. Daging buah putih, ngelotok, rasanya manis dan sedikit berair, kulit biji agak melekat.

11. Belimbing Pasarminggu

tanaman belimbing, buluh madu dalam pot tanaman belimbing besi

Tanaman belimbing pasar minggu

Nama latin  :    Averrhoa carambola
Nama lain :    –
Famili  :    Oxalidaceae

Keterangan : Tanaman ini tingginya 6-9 meter, percabangan banyak, membentuk tajuk lebar dan rapat. Belimbing ini sebenarnya belimbing demak kapur. Karena sejak lama sudah banyak dikembangkan di Pasar minggu dan sekitarnya, maka orang mengenalnya sebagai belimbing pasarminggu. Buahnya lonjong, berwarna kuning agak putih, belimbingnya pipih, daging buahnya tipis, rasanya manis.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Terbaik yang Cocok untuk Hidroponik

12. Jambu Pasarminggu

tanaman jambu biji, tanaman jambu batu, tanaman jambu madu, tanaman jambu biji merah

Tanaman jambu pasar minggu

Nama latin : Psidium guajava
Nama lain : jambu tanjung barat
Famili : Myrtaceae

Keterangan : Jambu ini asal Tanjung Barat, Pasar Minggu, Jakarta, maka tak heran bila ia jug aakrab dengan sebutan jambu tanjung barat. Tinggi tanaman kira-kira 3 meter, diameter batang kira-kira 5-7 cm, dengan percabangan rendah dan tajuk yang lebar. Daun tipis, halus, sedikit melengkung. Buah berukuran sedang, bentuknya seperti alpukat.

13. Duku Condet

tanaman duku langsat, tanaman duku palembang, tanaman duku, tanaman duku dalam pot, tanaman duku

Tanaman duku condet

Nama latin : Lansium domesticum
Nama lain : –
Famili : Meliaceae

Keterangan : Sosok tanaman tidak berbeda dengan duku-duku lainnya. Tinggi tanaman bisa mencapai 30 meter, dengan diameter batang kira-kira 75 cm. Percabangan banyak, dan membentuk tajuk yang lebar. Daun tersusun selang-seling, berwarna hijau cerah. Buah muncul dari cabang-cabang atau batangnya, berwarna kuning polos, berbentuk bundar, manis.

14. Asam Jawa

tananam asam jawa, klasifikasi tanaman asam jawa, tanaman bonsai asam jawa, sejarah tanaman asam jawa, tanaman toga asam jawa

Tanaman asam jawa

Nama latin : Tamarindus indica
Nama lain : Sweet tamarind
Famili : Leguminosae

Keterangan : Asam ini termasuk tanaman evergreen (selalu hijau). Sosoknya besar, tingginya bisa mencapai 25-30 m. Cabang-cabangnya banyak, dengan daun-daun kecil dan lembut, berwarna hijau muda, membentuk tajuk yang transparan. Kalau sudah besar tanaman akan membentuk tajuk yang besar dan indah. Tanaman yang berasal dari Afrika ini mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak, tampak indah tergantung di antara daun-daunnya yang mungil. Di Jakarta sampai sekarang banyak dijumpai nama-nama tempat dengan kata asam. Misalnya Kramat Asem, Asem Reges, Pangkalan Asem dan lain-lain.

15. Kenari

tanaman kenari seed, tanaman kenari pdf, tanaman kenari set, manfaat tanaman kenari

Tanaman kenari

Nama latin : Canarium commune
Nama lain :    kanari (Sunda), kanale (Madura), koja (Flores) nyiha (Ternate).
Famili : Burseraceae

Keterangan :    Tinggi tanaman mencapai 10-20 meter, dengan diameter batang 30-0 cm. Percabangan banyak, membentuk tajuk seperti kerucut, rapat, lebarnya 2-3 meter. Daun berwarna hijau tua, dengan 8-12 anak daun berbentuk oval yang tersusun berhadap-hadapan. Buah bundar lonjong, 3-6,5 cm panjangnya 2-3 cm lebarnya. Bijinya besar dan bisa dimakan. Bila tanaman sudah besar pada pangkal batang akan tumbuh akar papan. Di Jakarta sampai sekarang ada tempat/gang yang namanya Kenari.

16. Kelapa

pohon kelapa gading, pohon kelapa vektor, pohon kelapa sawit, pohon kelapa membunuh orang

Pohon Kelapa

Nama latin :    Cocos nucifera
Nama lain :    –
Famili :    Palmae

Keterangan : Tanaman dari keluarga palem-paleman ini berbatang tunggal, lurus, tingginya bisa mencapai 30 meter dengan diameter batang 20-30 cm. Daunnya besar, dengan anak daun berbentuk pita dan tersusun menyirip. Pelepah daunnya yang besar itu meninggalkan berkas pada batang berbentuk cincin. Bunga berbentuk malai dan terbungkus oleh seludang yang kaku, keluar dari ketiak daun-daunnya. Tanaman ini banyak varietasnya dan bisa tumbuh pada semua jenis tanah, tetapi umumnya tumbuh baik di daerah pesisir/pantai. Sebelum bernama Jakarta, Ibu kota negeri kita ini pernah disebut sebagai Sunda Kelapa.

17. Kwini

pohon kweni, manfaat kweni, resep kweni, es mangga kweni, kandungan kweni

Pohon Kwini

Nama latin : Mangifera odorata
Nama lain : kweni (Ind.), mangga kuini (Manado), kebembem (Jakarta), bembem, Kaweni (Sunda), kuweni, kweni (Jawa).
Famili  : Anacardiaceae

Keterangan : Pohon kwini tingginya 10-15 meter, bahkan ada yang 20 meter lebih. Tanaman memiliki tajuk membulat atau bulat telur melebar. Kulit batangnya berwarna abu-abu. Daunnya lanset dan tebal. Buah berbentuk lonjong, berwarna hijau kekuningan. Daging buah kuning oranye, sedikit berserat, dengan aroma khas. Kwini saat ini adalah nama sebuah gang di kawasan Senen.

18. Cempaka

pohon cempaka putih, pohon cempaka mulia, pohon cempaka merah, pohon cempaka hutan kasar, pohon cempaka gondok

Tanaman cempaka

Nama latin : Michelium champaca
Nama lain  : Jeumpa (Aceh), campaga (Minangkabau), bunga eja (Makasar), Kembang kanthil (Jawa), kembang koneng (Madura)
Famili : Magnoliaceae

Keterangan : Tanaman ini aslinya berasal dari India. Tinggi tanaman bisa mencapai 15-25 meter. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 1.200 m dpl. Daun bulat telur, bagian ujung dan pangkalnya meruncing. Percabangannya banyak dan membentuk tajuk yang rapat. Bunga kekuningan dan wangi aromanya, muncul dari ketiak daun. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun. Di Jakarta, ada kawasan yang diberi nama Cempaka Putih.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tanaman Air

19. Bungur

pohon bungur di jakarta, pohon bungur dan mahoni, pohon bungur jepang, pohon bungur besar, pohon bungur sakura

Tanaman bungur

Nama latin : Lagerstroemia speciosa
Nama lain :  bungur bener, bungur kuwal (Lampung), bungur terkuyung (Palembang), ketanggi, laban (Jawa), bhungor (Madura).
Famili : Lythraceae

Keterangan : Tinggi tanaman mencapai 25-30 meter atau lebih, dengan diameter batang kira-kira 60 cm. Batangnya sering membengkok dan beralur agak dalam. Percabangannya rendah dan membentuk tajuk melebar. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 800 m dpl. Bunga berlimpah dan tampak semarak dengan warna ungu. Nama tanaman ini sekarang digunakan untuk sebuah jalan di kawasan Jakarta Pusat.

20. Ketapang

pohon ketapang kencana, pohon ketapang mini, pohon ketapang laut, pohon ketapang kencana wikipedia, pohon ketapang kencana varigata, typical plant

Tanaman ketapang

Nama latin : Terminalis cattapa
Nama lain : ketapang (Karo), hatapang (Toba), katapieng (Minangkabau), Ketapas (Timor), ngusu (Ternate), salrise (Sangir).
Famili  :

Keterangan : Tanaman ketapang yang dibudidayakan tingginya 10-20 meter. Ketapang hanya tumbuh di daerah panas dan dekat pantai sampai ketinggian 800 m dpl. Daun-daunnya besar, lonjong, lebar, dengan ujung membulat. Cabang-cabangnya membentuk susunan yang indah, tampak bertrap beberapa lapis. Ketapang saat ini juga menjadi nama tempat di Jakarta.

21. Johar

pohon johar, khasiat pohon johar, foto pohon johar, harga pohon johar, jual pohon johar

Tanaman / pohon johar

Nama latin :  Cassia siamea
Nama lain :  juwar
Famili : Leguminosae

Keterangan :  Tanaman ini pertumbuhannya cepat. Tingginya mencapai 10-15 cm, dengan diameter batang 40-50 cm. Johar tumbuh baik di daerah berketinggian kurang dari 1.000 m dpl. Di Jakarta Pusat sampai sekarang ada tempat yang namanya Johar Baru.

22. Kenanga

pohon kenanga merah, pohon kenanga putih, pohon kenanga, pohon kenanga munding, budidaya pohon kenanga

Tanaman kenanga

Nama latin  : Cananga odorata
Nama lain :  kenanga, ngana-ngana (Nias), kananga wangi (Ambon), inanga (Minangkabau), kananga (Sunda).
Famili  : Anonaceae

Keterangan : Tanaman ini kalau dibiarkan bisa tumbuh tinggi mencapai 30 meter lebih. Percabangan banyak dan rendah. Daunnya lonjong, tipis tersusun selang-seling pada rantingan, dan membentuk tajuk rapat. Bunganya harum, berwarna hijau ketika muda dan hijau kekuningan sampai kuning bila tua. Sampai sekarang masih ada tempat di kawasan Senen yang bernama gang Kenanga.

23. Bintaro

pohon bintari pengusir tikus, pohon bintaro beracun, pohon bintaro merah, pohon bintaro wikipedia, pohon bintaro

Tanaman bintaro

Nama latin  : Cerbera manghas
Nama lain : kayu suus, kayu gurita, mangga brabu (Maluku), madang kapo (Minangkabau), lambuto (Ujung Pandang).
Famili : Apocynaceae

Keterangan : Tanaman ini aslinya banyak tumbuh di daerah rawa, pinggir pantai dan tepi sungai. Di Indonesia tanaman ini sudah mulai langka. Pohon bintaro tingginya bisa mencapai 15 meter, dengan diameter batang sekitar 40 cm. Daunnya kaku, lonjong, ujung lancip, berwarna hijau tua bila tua dan hijau muda cerah bila masih muda. Daun tersusun roset pada ranting yang kaku, dan membentuk tajuk yang indah. Sekarang, Bintaro adalah nama sebuah pemukiman di Jakarta.

24. Sawo Alkesa

pohon sawo kecik, pohon sawo di depan rumah, pohon sawo duren, pohon sawo manila, pohon sawo belanda

Pohon Sawo Alkesa

Nama latin : Lucuma nervosa
Nama lain : sawo ubi, sawo mekah, sawi kiketan (Jawa Barat).
Famili : Sapotaceae

Keterangan : Tanaman tumbuh tegak, tingginya mencapai 5-8,5 meter. Batang berwarna abu-abu kecokelatan, kadang-kadang kulitnya mengelupas. Cabang-cabangnya banyak dan susunannya tersebar. Daun berbentuk lonjong, panjang 10-20 cm, berwarna hijau mengkilap, bagian tengah melebar dan ujungnya lancip. Bunga berwarna putih kehijauan, tersusun dalam tandan, dengan 2-5 kuntum bunga, yang muncul dari ujung-ujung cabang atau ranting. Buah bulat sampai bulat telur, ujungnya lancip. Kulit buah tipis, berwarna kuning oranye. Daging buah lunak seperti ubi rebus, berwarna kuning oranye cerah, manis dan beraroma. Bonus Trubus No. 287 – TH. XXIV – Oktober 1993

Loading...