5 Jenis Tanaman Terbaik yang Cocok untuk Hidroponik

ngasih.com. Jenis tanaman yang cocok untuk hidroponik. Hidroponik menjadi teknik budidaya menanam yang populer dan semakin diminati. Pasalnya kebutuhan air pada hidroponik cenderung sedikit jika dibandingkan dengan budidaya menanam menggunakan tanah. Untuk memulainya pun tidak perlu modal besar, bahkan anda bisa melakukannya di lahan terbatas. Selain itu, pertumbuhan tanaman hidroponik juga cepat.

Apa anda tertarik memulai sistem hidroponik?

Ketika mengetahui adanya hidroponik, anda mungkin langsung terpikirkan supaya hasil tanamannya bisa memenuhi kebutuhan makan keluarga. Impian sederhana ini tentu sangat mungkin terjadi. Tetapi jika masih pemula, sebaiknya anda melakukannya secara perlahan.Sebab jika proyek ini sudah didesain besar-besaran namun gagal, anda bisa frustrasi sendiri.

Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan uji coba dulu, termasuk dengan memilih tanaman yang cocok. Jika berhasil, bukan tidak mungkin impian anda akan berkembang.Lalu, apa saja tanaman yang cocok untuk hidroponik?

1. Lettuce/ selada

jenis tanaman hidroponik yang bisa tumbuh, selada, lettuce, jenis tanaman hidroponik untuk pemula, jenis tanaman hidroponik sayuran

Selada hidroponik – via : bukalapak.com

Ingat hidroponik, ingat juga selada dan teman-teman sayuran hijaunya. Mereka memiliki sistem akar dangkal, sehingga anda tinggal membiarkannya tumbuh sambil terus memberi nutrisi yang diperlukan. Sampai tanaman ini pun cukup untuk dipanen dan dikonsumsi.

Baca Juga :  Cara Menata dan Merawat Tanaman Air

Waktu tumbuhnya sekitar 1 bulan/30 hari. Ukuran pH terbaiknya sekitar 6,0-7,0. Variasi selada yang bisa anda tanam yaitu Boston, Romaine, Buttercrunch, Iceberg, dan Bibb.

2. Bayam

Sistem hidroponik bisa membuat bayam tumbuh cepat, apalagi metodenya menjaga nutrisi dan oksigennya tinggi. Penggunaan airnya juga sangat hemat. Untuk memulainya, anda bisa memulai dari biji dulu. Seminggu kemudian, barulah anda bisa memindahkannya.

Durasi pertumbuhannya sekitar 40 hari. Ukuran pH idealnya antara 6,0-7,0. Agar cita-rasa bayamnya lebih manis, anda bisa menjaga temperaturnya agar tetap pada 18,5-22,5 derajat Celcius. Namun hati-hati jangan terlalu rendah, sebab waktu pertumbuhannya bisa jadi lambat. Untuk varietasnya, anda bisa memilih Savoy, bayam berdaun halus (smooth leafed), Catalina, Bloomsdale, Tyee, Regiment, dan RedCardinal.

3. Stroberi

jenis tanaman yang bisa dijadikan hidroponik, stroberi hidroponik, jenis tanaman cocok hidroponik, jenis tanaman dengan hidroponik, jenis tanaman yang dapat ditanam dengan hidroponik, gambar jenis tanaman hidroponik, jenis tanaman hias untuk hidroponik, sebutkan jenis jenis tanaman hidroponik, jenis tanaman utk hidroponik

Hidroponik tanaman buah stoberi

Siapa yang tidak suka strawberry ? Kekurangan mereka hanya terletak pada sifatnya yang musiman. Sehingga anda sering menemukan stroberi yang busuk ketika hendak dimakan. Namun dengan adanya hidroponik, stroberi yang siap makan dalam kualitas terbaik akan selalu siap sepanjang musim.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Tentang Kaktus Zaman Dahulu Hingga Sekarang

Waktu untuk tumbuh sekitar 60 hari. Ukuran pH terbaik ada di angka 5,5-6,2. Untuk jenis stroberinya sendiri, anda bisa mempertimbangkan Chandler, Brighton, Red Gauntlet, Douglass, dan Tioga.

4. Bell pepper/ paprika

tanaman paprika hidroponik, jenis tanaman hidroponik paling menguntungkan, jenis tanaman yang biasa ditanam secara hidroponik adalah, jenis tanaman yang biasa ditanam secara hidroponik adalah brainly, jenis tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik adalah, apa saja jenis tanaman sayuran yang dapat dilakukan secara hidroponik, apa saja jenis tanaman hidroponik

Paprika adalah salah satu jenis tanaman hidroponik paling menguntungkan

Bisa dibilang, paprika menjadi tanaman hidroponik yang lebih maju. Anda tidak perlu membiarkannya tumbuh maksimal, melainkan menjepit atau memangkasnya seukuran 20 cm saja. Hal ini dilakukan untuk memacu pertumbuhan paprika.

Pertumbuhannya memakan waktu sekitar 90 hari, dengan pH ideal antara 6,0-6,5. Setiap harinya anda mesti menyediakan cahaya selama 18 jam. Ketika semakin tumbuh, atur jarak tanaman dengan lampu sekitar 15 cm. Anda bisa memilih hendak menanam paprika California, Ace, Wonder, Yolo Wonder, atau Vidi.

5. Tanaman herbal

Tanaman ini datang dengan berbagai macam. Ada daun kemangi, parsley/peterseli, basil, mint, rosemary, thyme, oregano, dll. Apa pun itu, namun penelitian menyimpulkan kalau tanaman herbal hasil hidroponik itu lebih aromatic. Anda bisa melakukan uji coba sendiri.

Baca Juga :  Menanam Kentang di Dalam Polybag

Berbeda dengan tanaman lain dalam list, herbal memiliki rentang waktu pertumbuhan yang berbeda-beda – tergantung jenis tanamannya. Demikian juga dengan ukuran pH-nya. Anda bisa menyiram tanaman seminggu sekali untuk menghilangkan atau melepaskan nutrisi yang tidak diserap oleh tanaman.

Nah, bagaimana? apa tanaman hidroponik yang paling ingin anda tanam? Semoga berhasil, ya! Tanaman Terbaik yang cocok untuk Hidroponik. (DBS) #RD

Loading...
error: