15 Jenis Tanaman yang Paling Cepat Tumbuh dan Menguntungkan - ngasih.com

15 Jenis Tanaman yang Paling Cepat Tumbuh dan Menguntungkan

ekor9.com. Apa anda kurang sabar ketika menunggu hasil kebun?

Usaha perkebunan identik dengan waktu yang lama. Padahal anda ingin segera memanen hasilnya. Kalau sudah tersedia, anda bisa cepat mengonsumsi atau menjualnya.

Tenang saja, hal tersebut bisa disiasati dengan menanam beberapa sayuran yang pertumbuhannya cepat. Anda pun bisa memilih bahan makanan segar sesuai kesukaan. Nah, berikut ini tanaman paling cepat tumbuh dan menguntungkan:

1. Arugula/ rocket (Eruca vesicaria ssp. sativa)

tanaman yang cepat menguntungkan, tanaman cepat dan menguntungkan, tanaman cepat panen dan menguntungkan, tanaman sayur yg cepat menguntungkan, tanaman yang menguntungkan cepat panen

Arugula/ rocket (Eruca vesicaria ssp. sativa)

Sayuran ini memiliki rasa yang khas, yakni sedikit pahit dan pedas. Arugula bisa menjadi bahan salad yang segar. Untuk menanamnya sampai dewasa dan bisa dinikmati, anda hanya memerlukan waktu sekitar 2 bulan. Sayuran ini akan terus tumbuh setiap tahunnya.

2. Bayam

tanaman yang cepat tumbuh dalam 1 minggu, tanaman yang cepat panen, tanaman yang cepat menghasilkan uang, tanaman yang cepat panen dan menguntungkan, tanaman yang tumbuh paling cepat adalah

Sayuran ini sangat populer dan mudah ditanam. Anda tinggal menaburkan benih bayam pada tanah yang sudah dicampurkan pupuk berkualitas. Setelah menyiramnya, anda bisa menunggu sampai tumbuh. Waktunya sekitar 4-6 minggu. Bayam sendiri bisa diolah menjadi aneka makan. Entah untuk sayur biasa, dimasak tumis, dijadikan keripik, dll.

3. Baby carrot (wortel kecil)

macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil, jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini

Jika anda ingin memanen wortel dengan cepat, baby carrot merupakan varietas pilihan tepat. Sayuran ini lezat untuk dimasak dan dijadikan camilan. Sama seperti bayam, anda tinggal menaburkan benih pada tanah yang berkualitas. Sekitar 30 hari kemudian, anda bisa mendapatkan wortel segar untuk dikonsumsi.

4. Lobak

Sekilas, lobak tampak seperti wortel. Namun kulit dan isinya berwarna putih. Untuk memeroleh sayur sederhana ini, anda bisa menaburkan benihnya pada tanah khusus. Panen pertama akan anda rasa pada 25-30 hari kemudian.

5. Mentimun/ timun

tanaman yang cepat mendatangkan hasil, tanaman yang cepat membuahkan hasil, tanaman cepat hasilkan uang, tanaman yang cepat jadi, jenis tanaman yang cepat menghasilkan uang, tanaman yang cepat kaya, tanaman yang cepat menghasilkan keuntungan, tanaman cepat laku

Sayuran ini memang serbaguna dan banyak difavoritkan. Anda bisa dengan mudah menemukannya dalam acar, salad, rujak, lalap, nasi goreng, mie goreng, dll. Anda juga bisa memakannya langsung. Namun anda memerlukan ruang yang cukup leluasa atau juga terali.

Baca Juga :  12 Gambar Buah-buahan dan Sayuran Lucu Sekaligus Aneh yang Bikin Kita Terkecoh

6. Ubi bit merah

Kamu pencinta bit atau bukan, tanaman ini menjadi salah-satu pilihan bagus yang tumbuh lebih cepat. Namun sebaiknya bit tidak ditanam di saat cuaca sedang sangat panas. Umumnya panen bit dilakukan dalam kurun waktu 50 hari. Namun bit juga bisa dipanen dalam tempo 30 hari saja.

7. Kacang buncis

Sayuran ini juga difavoritkan, sehingga kita sering menemukannya dalam aneka makanan. Kacang panjang terdapat pada masakan tumis, dikolaborasikan dengan tempe, duet dengan tahu, menjadi campuran karedok, menjadi bahan pecel, dll. Anda pun hanya perlu menanam benih ke dalam tanah gembur. Beri pasokan air dan sinar matahari, lalu 40-65 hari kemudian, anda bisa langsung memanennya.

8. Bok choy/ pakcoy

Sayuran dengan nama ini tak kalah populer. Orang-orang juga menyebutnya sebagai sawi sendok, sawi yang sering kita temukan dalam olahan asinan. Untuk memanennya, anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 hari. Tempo tersebut terbilang cepat, sehingga anda bisa segera mengonsumsi atau menjualnya.

9. Lettuce/ selada

menanam lettuce dipot, menanam lettuce dalam pot, cara menanam lettuce, cara menanam lettuce dalam pot, cara menanam lettuce head, cara menanam lettuce

Sayuran Lettuce di kebun
gambar : nutritiondata.self.com/facts

Tanaman ini begitu fleksibel. Pilihannya juga banyak, sehingga bisa menyesuaikan selera anda yang berbeda-beda. Selada sering ditemukan dalam salad. Sayuran ini bisa tumbuh di kawasan dingin dan hanya memerlukan waktu sebentar, sekitar 30 hari saja, untuk segera dipetik hasilnya.

10. Squash

Bagian dari keluarga labu ini memang enak, produktif, dan pertumbuhannya cepat. Apalagi buah blewah akan cepat laku pada saat bulan puasa. Seperti tanaman dalam list ini, anda cukup menaburkan benih dan menyiraminya secara rutin. Setelah itu, anda bisa menunggu sampai squash tumbuh dan berproduksi. Agar rasanya lebih enak, anda juga bisa memanen sayuran ini ketika masih muda.

Baca Juga :  Kenapa Bunga Anggrek Rontok Sebelum Mekar? Ternyata 3 Hal ini Penyebabnya

11. Kale

Sayuran berdaun hijau ini masih tergolong ke dalam famili kubis seperti kembang kol, brokoli, dan sawi. Oleh karena itu, kale pun kaya akan nutrisi. Selain itu, kale juga cepat umbuh. Dalam waktu sekitar 25 hari saja, anda bisa memetik baby greens dari kale. Kalau menginginkan daun dewasa, anda mesti menunggu lagi selama 50-65 hari kemudian.

12. Snow peas/ kacang kapri

jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini, macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil

Jika tidak ingin panen yang tanggung, anda bisa menanamnya dalam jumlah banyak. Proses perkecambahannya memakan waktu sekitar 10 hari. Setelah 2 bulan atau 60 hari kemudian, anda bisa mulai memanennya. Anda akan mudah mendapatkannya di pasar tradisional. Tetapi lebih afdal lagi kalau anda yang menanam dan memanennya.

13. Brokoli

gejala awal kanker payudara, gambar kanker payudara, cara mencegah kanker payudara, ciri-ciri kanker payudara, penyebab kanker payudara, gejala kanker payudara, kanker rahim, gejala kanker payudara pada wanita

Brokoli sebagai salah satu bahan pencegah kanker payudara
gambar : farmfreshgrocer.com

Apa anda menyukai sayur ini? Brokoli berbentuk unik, sebab seperti miniatur pohon. Anda bisa menikmatinya dengan dimasak atau juga dimakan bersama mentega, keju, dan bumbu lain. Sayuran ini memang segar. Kalau sudah tertarik dengan cita rasa dan manfaat, anda bisa menanamnya sendiri. Panen akan dilakukan sekitar 60 hari kemudian. Anda lebih suka brokoli dengan kepala kecil atau besar tentu tergantung selera, ya.

14. Daun bawang

Tanaman bawang daun yang dalam bahasa Inggris disebut Scallion ini juga serbaguna dan hampir selalu ada di setiap dapur. Aromanya menggoda dan rasanya juga melengkapi masakan yang anda olah. Anda menggunakannya untuk sup, soto, martabak telur, gorengan, dll. Bagian dari kelompok bawang ini memerlukan waktu sekitar 3-4 minggu saja untuk diambil batang daun bawangnya.

15. Turnip (Brassica rapa)

Tanaman sejenis lobak ini menghasilkan daun serta umbi yang rasanya unik. Umbi tersebut berasal dari pembesaran akar. Agar rasa pahitnya hilang, anda bisa merebusnya dan membuang air rebusan pertama, lalu merebusnya lagi.  Panennya hampir sama seperti bit atau wortel. Umumnya turnip tumbuh sekitar 40-60 hari kemudian.

Baca Juga :  Tanaman Berbunga dan Berdaun Indah dalam Ruangan

Nah, tanaman-tanaman ini bisa memotivasi anda untuk lebih produktif lagi demi mendapatkan bahan makanan alami nan sehat. Apa anda tertarik untuk mencobanya? Tanaman Cepat Paen dan Menguntungkan. #RD

Loading...