10 Tanaman Komersial yang Menguntungkan di Pasar Dunia - ngasih.com

10 Tanaman Komersial yang Menguntungkan di Pasar Dunia

ngasih.com. Mengasah kemampuan bercocok tanam, menikmati segarnya alam, sembari membaca peluang dan menghasilkan uang, dapat menjadi alternatif karir yang menyenangkan. Di tengah gempuran teknologi, kerusakan lingkungan, dan kesenjangan sosial, muncul kesadaran massal bahwa petani tidak lagi dianggap sebagai pekerjaan marjinal.

Dengan kolaborasi antara teknologi dan insting alami, petani semakin berkembang dengan produk-produk yang inovatif. Konsep “natural” dan “kembali ke alam” menjadi label yang mengangkat posisi agribisnis di kancah global. Selain itu, tanaman juga komoditas yang memiliki fungsi beragam dan digandrungi atas berbagai tujuan.

Tanaman yang Menjanjikan Keuntungan di Pasar Eropa dan Dunia

Tertarik untuk menggeluti bisnis di dunia botani? Kamu bisa coba 10 tanaman yang menjanjikan keuntungan di pasar dunia, berikut ini:

1. Lavender

Kebutuhan pasar terhadap lavender sangat tinggi, khususnya di pasaran Eropa. Tidak hanya memesona dalam bentuk buket, bunga ungu tanaman ini dapat diekstrak dan menjadi produk minyak lavender. Selain itu, lavender digandrungi sebagai bahan baku obat anti-nyamuk, sabun, bedak, aromaterapi, dan produk kosmetik lainnya. Bunga lavender juga mudah dikeringkan dan digunakan dalam berbagai jenis dekorasi atau kerajinan tangan.

2. Jamur

manfaat fungi bagi manusia dan lingkungan, manfaat jamur bagi kehidupan makhluk hidup, manfaat jamur bagi kehidupan yang menguntungkan dan merugikan, manfaat jamur merang bagi manusia

Bagi petani dengan lahan terbatas dan petani di wilayah urban, budidaya jamur menjadi salah satu pilihan yang paling tepat. Jamur dapat tumbuh di dalam ruangan dan sangat produktif dalam lingkungan hidup yang ideal. Terlebih, jamur segar dan jamur kering termasuk komoditas yang laris manis di gerai bahan makanan, terutama jamur tiram dan jamur shiitake.

3. Kayu-kayuan

tanaman yang laku di pasaran eropa, tanaman yang laku di pasar internasional

curly willow (Salix matsudana) – via : resetera.com

Tanaman berkayu dengan ranting-ranting cantik yang artsy, menjadi primadona dalam bisnis karangan bunga dan kerajinan tangan. Jenis tanaman yang variatif, mulai dari tanaman perdu hingga pohon, menjadikan bisnis ini produktif sepanjang tahun. Kamu pun bisa memiliki ladang dengan beragam tanaman, mulai dari hydrangea hingga gandarusa.

Baca Juga :  Jenis dan Ciri-Ciri Buah Belimbing Manis

4. Perdu dan tanaman lanskap

tanaman yang laku di pasaran dunia, tanaman yang paling laku di pasaran, tanaman yang laku ekspor ke pasar eropa adalah

Menjajal bisnis pepohonan, semak, perdu, rumput hias, dan segala jenis tanaman lanskap dan tanaman hias taman rumah lainnya, dapat menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu pun dapat mendulang untung dari perlengkapan lainnya, seperti batu kerikil, tanah, pupuk, dan pot bunga.

5. Bonsai

bonsai tree care, how to make bonsai, indoor bonsai, bonsai care, bonsai types, bonsai gallery, bonsai drug, bonsai definition

via : imgur.comPopuler di seluruh penjuru dunia, pohon kerdil ini memiliki penggemar tersendiri. Nilai seni tinggi, perawatan mudah, kebutuhan lahan yang tidak besar, serta simbolis dari kamakmuran, mengangkat posisi bonsai sebagai komoditas yang digandrungi oleh kolektor dan pehobi di kalangan menengah ke atas. Meski butuh ilmu khusus dalam menumbuhkannya, santai saja. Ketabahan dan ketelatenan akan berbuah manis pada waktunya.

6. Maple Jepang

Jika kamu menginginkan bisnis yang menantang, melatih kesabaran, dan mengasah kelihaian bercocok tanam, barangkali maple Jepang bisa menjadi pilihan menarik. Terlebih, keunikan dan kelangkaannya dapat menjadi daya tawar yang menjanjikan margin besar.

7. Gandarusa

tanaman pasaran tinggi, tanaman yang laku di pasaran, tanaman yang laris di pasaran, tanaman yang laku di pasaran eropa, tanaman yang laku di pasar internasional, tanaman yang laku di pasaran dunia

Pohon tangguh ini mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan intensif. Ranting-rantingnya yang bernilai seni kerap digunakan dalam berbagai bentuk dekorasi, terutama yang bertema rustic. Dengan produktivitas dan permintaan pasar yang tinggi, gandarusa dapat menjadi pilihan menjanjikan jika kamu tidak begitu lihai bercocok tanam. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai manfaat sebagai obat alami untuk sakit pinggang dan penyakit persendian lainnya.

8. Bawang putih

Menjadi salah satu bumbu pokok dalam berbagai jenis masakan, bawang putih tidak akan pernah kehabisan pasar. Budidaya bawang putih akan sangat menarik untuk digeluti karena tolerir terhadap kondisi tanah dan cuaca, serta berpotensi sebagai tanaman yang menghasilkan keuntungan besar.

9. Bambu

harga bambu jepang, bambu jepang hias, bambu jepang untuk pagar, bambu jepang dracaena surculosa, jual bambu jepang, bambu cina, nama latin bambu jepang, bambu jepang wikipedia, chimonobambusa quadrangularis suow, chimonobambusa quadrangularis plants, chimonobambusa quadrangularis invasive

Tidak perlu perawatan intensif atau pupuk mahal, bambu dapat tumbuh dengan subur dan rimbun. Bisnis bambu semakin potensial karena digemari sebagai pelengkap lanskap, pembuatan rumah panggung, dan berbagai furnitur bertema alam.

Baca Juga :  Udah Coba? Inilah 7 Jenis Mangga Terenak di Indonesia!

10. Herba

tanaman yang laku di pasaran eropa, tanaman yang laku di pasar internasional, tanaman yang laku di eropa, tanaman yang laku di pasaran dunia, tanaman obat yang laku dijual, tanaman yang lagi laris, tanaman yg laku di pasaran

Berbagai jenis tanaman herba tengah naik daun sebagai bahan baku di dunia farmasi dan kosmetik. Dapat tumbuh dengan mudah dan cepat, menjadi kelebihan tanaman herba, sehingga dapat menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat.

Tertarik untuk mencoba? Selain dapat dipanen, kelak ladang kamu juga dapat menjadi destinasi wisata yang instagramable, lho.

Loading...