Tips Beli Kendaraan Bermotor Pertama Kali - ngasih.com

Tips Beli Kendaraan Bermotor Pertama Kali

Anda baru pertama kali ingin membeli mobil ataupun motor? Jika benar, carilah informasi jelas dan hindari beberapa kesalahan dalam proses pembelian. Dengan begitu, Anda tidak akan kecewa setelah kendaraan sudah di tangan Anda.

Memiliki uang di tangan sudah menjadi kewajiban. Uang inilah yang akan dibelanjakan untuk keperluan pembelian. Walaupun begitu, jangan sampai mengabaikan hal-hal penting yang mendukung ketepatan dalam pemilihan kendaraan roda dua.

Nah, seperti apa caranya agar pembelian Anda sesuai dengan harapan? Inilah yang akan kami tunjukkan pada Anda. Tapi sebelumnya, mari simak ulasan mengenai beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pembeli perdana berikut.

tips beli kendaraan bekas, tips membeli kendaraan bekas, tips membeli kendaraan baru, tips beli mobil avanza bekas, tips memilih asuransi kendaraan, tips beli audio mobil, tips beli mobil cash atau kredit, tips beli mobil bekas agya, tips beli mobil bekas, tips beli mobil baru, tips beli mobil baru cash

Yang Perlu Dihindari Ketika Membeli Kendaraan

Pernah melihat orang lain membeli motor atau mobil baru, tapi tidak lama dijual kembali? Kira-kira, kenapa mereka melakukannya? Jawabannya adalah membeli kendaraan yang tidak sesuai harapan. Penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

1. Tergiur Dengan Harga Miring

Ah, yang penting baru. Apakah Anda memiliki pandangan seperti ini? Jika benar, kemungkinan kondisi di atas akan terjadi. Anda akan merugi dengan menjual kendaraan dalam waktu dekat, bahkan dengan nominal lebih rendah dari nilai pembelian awal.

Kenapa? Kenyataannya, harga kendaraan bekas akan turun drastis. Meskipun baru digunakan beberapa jam, nilainya akan turun cukup jauh. Bisa sampai jutaan rupiah.

Baca Juga :  Peluang Usaha Cucian Mobil dan Motor, Prospektif dan Menjanjikan

2. Hanya Terpaku Pada Satu Pilihan

Sebenarnya banyak sekali jenis motor maupun mobil yang beredar di pasaran. Sejumlah pabrikan kendaraan sedang bersaing untuk memperebutkan pasar. Untuk memenangkan pasar, produk keluaran terbaru yang lebih baik akan dilakukan setiap tahunnya.

Anda yang hanya terpaku pada satu jenis kendaraan berpotensi kecewa. Kenapa? Kemungkinan spesifikasi kendaraan baru lebih bagus dan harganya tidak terlalu jauh.

Tidak hanya itu saja, kadang ada yang ngebet untuk memilih satu warna dari produk tertentu. Ini juga kurang bagus. Pasalnya, peminatnya sangat besar sehingga Anda akan mendapat giliran yang sangat lama.

3. Tidak Memeriksa Kelayakan Mesin Kendaraan

Kesalahan paling fatal adalah tidak mencermati kelayakan mesin kendaraan. Anda yang kadung cinta dengan kendaraan rela mengeluarkan biaya besar tanpa mempedulikan mesinnya. Padahal, yang utama adalah tenaga dari mesin itu sendiri.

Sebagai calon pembeli, sudah selayaknya Anda memeriksa kondisi mesinnya. Cari tahu seperti apa ketangguhannya dan kemampuannya dalam berakselerasi. Bahkan cari tahu tingkat keiritan kendaraan.

Jika Anda mengabaikannya, besar kemungkinan kalau kendaraan yang telah dibeli akan dilempar kembali. Lantas Anda mencoba untuk membeli kendaraan yang baru lagi. Ini bisa mempengaruhi keuangan keluarga.

Kiat Memilih Yang Sesuai Kebutuhan

Seperti apa kendaraan yang Anda butuhkan? Inilah yang harusnya direalisasikan. Bukannya malah membeli mobil baru yang dinilai kekinian tapi tidak sesuai kebutuhan. Kalau seperti ini, yang rugi adalah Anda sendiri. Supaya tidak keliru membeli kendaraan untuk pertama kali, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Fisik Anda

Apabila Anda memiliki tubuh gempal dan besar, tentunya kendaraan yang didesain mungil sangat tidak pas. Akan lebih baik jika Anda membeli kendaraan yang desainnya lebih besar. Kemudian kendaraan ini ditunjang dengan CC yang besar pula.

Kenapa? Karena ini bisa mempengaruhi performa kendaraan ketika dipacu. Bahkan berpengaruh pada tingkat kenyamanan selama berkendara.

2. Survey Ke Beberapa Dealer

Ini berhubungan dengan budget. Anda mungkin telah memiliki dana yang cukup. Tapi melakukan penghematan dalam pembelian agaknya lebih bijak.

Di masing-masing dealer, Anda akan menemukan selisih harga untuk produk yang sama. Bahkan dengan kualitas yang serupa. Jika Anda cermat, Anda bisa menghemat biaya sekitar ratusan ribu ataupun jutaan rupiah.

Baca Juga :  5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor dan Mobil

3. Sesuaikan Dengan Lokasi Anda Tinggal

Kalau nantinya kendaraan digunakan untuk menembus kemacetan, jelas kendaraan yang bisa mendukung kelincahan sangat pas untuk dipilih. Berbeda jika digunakan untuk area tanjakan seperti pegunungan, maka yang dibutuhkan adalah kendaraan yang punya tenaga besar dan tangguh.

Untuk menemukan informasi tersebut, Anda bisa bertanya langsung pada sahabat terdekat ataupun montir. Mereka bisa menjadi partner yang baik untuk tukar fikiran mengenai kendaraan yang cocok untuk Anda. Bahkan mereka biasanya merekomendasikan beberapa kendaraan yang sesuai.

Tambahkan Layanan Asuransi Untuk Keamanan Kendaraan

Diasumsikan Anda sudah menemukan kendaraan yang sesuai. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian di dealer. Di sini, Anda harusnya mempertimbangkan sisi keamanan dari kendaraan yang akan dibeli.

Tambahkan layanan asuransi mobil di dalamnya. Asuransi ini sangat berguna untuk melindungi kendaraan pribadi Anda. Dan asuransi ini biasanya akan diberlakukan oleh setiap dealer untuk pembelian kendaraan baru.

Anda yang mengasuransikan kendaraan akan memperoleh keuntungan besar. Pertama, kendaraan akan lebih aman. Misalnya bila muncul kerusakan, kendaraan akan dibiayai oleh pihak asuransi selama kerusakan ini tidak Anda buat sendiri.

Kedua, mendapatkan ganti kendaraan dengan mudah. Situasi ini akan diperoleh ketika kendaraan mengalami kerusakan parah akibat tabrakan. Selain itu, kendaraan hilang setelah beberapa hari di tangan.

Ketika kendaraan hilang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Anda cukup memberikan informasi klaim pada pihak asuransi. Di situ, pihak asuransi akan menghubungi dealer untuk memberikan Anda kendaraan baru yang sejenis.

Melihat keuntungan ini, sudah semestinya perlindungan seperti ini perlu dimasukkan saat melakukan pembelian kendaraan. Toh biayanya tidak sampai menguras saku kantong. Anda bisa menemukan tawaran menarik seputar asuransi kendaraan ini di futuready.

Baca Juga :  10 Perusahaan Asuransi Terbaik, Populer dan Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

Demikianlah yang bisa kami sampaikan di sini. Jika Anda berniat membeli kendaraan, pastikan untuk menyediakan budget yang sesuai. Kemudian tentukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan salah melakukan pembelian yang mengakibatkan rasa penyesalan.

Loading...