Wanita Hamil dan Henyusui Ingit Tetap Berpuasa? Ini Resepnya Biar gak Lemes

Ibu hamil dan ibu menyusui, sudah siap menyambut ramadhan ? Khawatir badan lemes saat menjalankan puasa, takut air susu berkurang untuk menyusui dede bayi.

Meskipun ada pendapat ulama mengatakan bahwa “Wanita hamil dan menyusui dikategorikan sebagai orang yang uzur, dan diperbolehkan untuk tidak berpuasa, jika khawatir dirinya dan anak dalam kandungan atau anak yang sedang disusui kurang asupan makanannya.”

Meskipun diringankan dengan qodho dan fidyah, tetapi dengan tekad yang kuat untuk tetap beribadah tepat di Bulan Suci banyak ibu-ibu hamil dan menyusui ingin tetap menjalankan puasa.

Dibawah ini ada resep dari DROZ Indonesia untuk ibu hamil dan menyusui yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini, supaya badan tidak lemah, dan ASI tetap subur.

Caranya mudah saja, berikut langkah-langkahnya;

  1. Sediakan 5 atau 7 butir kurma yang telah di buang bijinya. Bisa jenis kurma apa saja. Kurma dibuang bijinya dan daging kurma dimasukan kedalam setengah gelas air.
  2. Rendam dalam air selama kurang lebih 7 jam (Bisa dari waktu Isya hingga Sahur)
  3. Simpanlah dalam Lemari Es (Suhu ruangan pun bisa)
  4. Siapkan setengah gelas susu UHT, Pasteurisasi ataupun susu segar. Tidak disarankan menggunakan susu kental manis ataupun susu bubuk.
  5. Campur air rendaman kurma (nabeez) plus kurma-nya dengan susu, jika menyukai manis bisa ditambah sedikit madu kemudian blender semua bahan hingga tercampur. Lalu tuangkan kedalam gelas.
  6. Siap diminum setelah makan sahur. Baiknya beri jeda setelah makan sahur, supaya perut tidak terlalu penuh.

Insyaa Allah, Ibu hamil dan menyusui masih tetap bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya, badan tidak mudah lemes. Kewajiban beribadah tidak ditinggalkan, hak bayi terpenuhi. Ibu senang, bayi senang. Selamat berpuasa, Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *