Wisata Kuliner di Mesir – (Culinary Tour in Egypt)

Wisata Kuliner di Mesir – (Culinary Tour in Egypt)

ancient egypt, egypt history, facts about egypt, egypt map, egypt religion, egypt air, egypt cities, egypt revolutionCantik, ekstotik dan menarik itulah yang identik dengan Timur Tengah. Tidak hanya terlihat dari banyak peninggalan sejarah dan berbagai seni budaya, hal tersebut juga tercermin dari hidangan khas yang mereka miliki. Berkunjung ke Mesir, selain bisa menyusuri sejarah Mesir kuno dan menikmati megahnya Piramida atau Sphinx kita juga bisa mengenal beberapa hidangan khas mesir. Pada umumnya makanan Mesir memiliki cita-rasa asin dengan bumbu rempah-rempah seperti makanan timur tengah lainnya.

Namun untuk makanan penutup dan camilan orang Mesir lebih suka rasa yang sangat manis. Berkaitan dengan bumbu Mesir memiliki kedekatan dan kemiripan dengan India. Kapulaga, kayu manis, lemon, zaitun, peterseli dan tomat sering digunakan untuk memasak. Berikut ini adalah hidangan atau masakan khas mesir yang direkomendasikan untuk anda jika mengunjungi Mesir.

1. Roti Fatir

roti recipe, how to make roti, roti nutrition, roti calories, sumac onions, roti movie, jamaican roti, releves food

Ilustrasi roti fatir
gambar : alansarfood.com

Bagi masyarakat Mesir, roti ini biasa dinikmati pada saat sarapan. Rasa dari roti ini bisa sangat gurih dan manis secara bersamaan dengan tekstur yang renyah di bagian luar serta lembut di dalam. Roti fatir disajikan dengan beberapa pilihan saus diantaranya madu, madu hitam, dan sejenis selai kacang yang sudah diberi bumbu hingga terasa asin. Hidangan ini tentunya lebih enak dinikmati selagi hangat. Yang menarik dari pembuatan roti fatir ini adalah tungku yang digunakan biasanya masih tradisional yang berukuran cukup besar dan terbuat dari batu.

Baca Juga :  10 Pemain Sepakbola Perempuan Terbaik Dunia 2015

2. Roti Isyh

egypt bread recipe, egypt bread subsidies, egypt bread helmet, egypt bread basket, egypt bread riots, egypt bread is 10 times, bread ancient egypt, bread shortage egypt

Roti Isyh khas Mesir Timur tengah
gambar : reshafim.org

Roti Isyh merupakan makanan pokok masyarakat Mesir. Rasanya seperti roti tawar, hanya lebih padat dan seratnya lebih terasa. Meski di Mesir nasi mudah di temukan, namun bagi warga Mesir, roti Isyh lebih disukai. Isyh yang rata-rata berdiameter 15 cm ini memiliki harga yang terbilang murah. Satu kantong plastik berisi 10 roti dihargai hanya 1,5 – 2 Egypt Pound saja atau sekitar Rp. 3500.

Apabila Anda makan di restoran, roti ini tidak dipungut biaya atau gratis. Roti Isyh ini enak di nikmati saat masih hangat dan biasanya tahan selama 3 hari sebelum berjamur. Sama seperti roti lain, roti Isyh ini bisa dimakan dengan berbagai cara. Karena memiliki rongga ditengahnya maka roti bisa diisi telur, kacang dan sayuran-sayuran sehingga mirip sandwich atau cara lain menurut selera masing-masing. Hidangan ini memiliki cita rasa yang cenderung hambar dan sedikit asam serta tekstur yang lembut.

3. Grilled Kofta

grilled kofta calories, grilled kofta recipe, grilled lamb kofta kebabs, easy grilled kofta, kofta kebab recipe, grilled kofta videos, kafta kabob recipe, kefta kabob recipe

grilled kofta
gambar : taste.com

Bagi Anda pecinta barbecue dan pecinta daging domba atau kambing pasti akan menyukai makanan yang satu ini. Grilled Kofta merupakan hidangan sate dengan potongan daging domba yang dihaluskan dengan campuran rempah serta ditambah dengan campuran daun mint dan daun peterseli (Parsley). Kofta merupakan daging cincang yang dibentuk seperti sosis dan dibakar diatas arang juga seperti kebab.

Baca Juga :  17 Makanan Khas Australia yang Harus Kamu Coba

Bola daging domba cincang ini memiliki aroma rempah yang cukup kuat sehingga rasanya gurih enak. Hidangan ini semakin lezat dimakan hangat dengan cocolan saus serta bisa juga di makan dengan nasi khas Mesir. Perlu diketahui, nasi di Mesir sebagai makanan pokok tidak disajikan putih seperti di Indonesia, nasinya di olah hingga rasanya gurih. Salah satunya adalah nasi vermicelli yang menjadi kebanggaan warga Timur Tengah khususnya Mesir. Sesuai namanya nasi vermicelli ini dicampur dengan semacam bihun.

4. Vine Mahshi

egypt food recipes, egypt fast food, egypt holidays, egypt food for kids, modern egypt food, ancient egypt food, egypt culture food

Vine Mahshi
gambar : pinterest.com

Mahshi merupakan sajian sayuran yang kaya akan rempah yang dikenal sebagai menu berbuka puasa di Negara Timur Tengah. Selain itu juga Mashi dikenal di negara-negara Balkan, Eropa Timur, Armenia, Polandia dan Swedia. Setiap negara memiliki sebutan yang berbeda untuk makanan yang lezat dan kaya rempah ini. Banyaknya negara yang mengenal mahshi disebabkan oleh pengaruh budaya kerajaan Ottoman. Pada saat itu Ottoman banyak menguasai negara-negara Eropa seperti Swedia. Mereka menyebarkan kebudayaan Timur Tengah termasuk kuliner khas yang mereka miliki salah satunya mahshi.

Baca Juga :  13 Hotel Bawah Laut Terbaik di Dunia

Mahshi terbuat dari sayuran seperti zucchini, terong, tomat, paprika, daun anggur ataupun kol yang diisi dengan nasi campur. Biasanya nasi dicampur dengan berbagai rempah, sayuran yang telah diisi dengan nasi campur tersebut kemudian direbus bersama dengan kaldu dan air selama 40 hingga 60 menit hingga sayuran lunak. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai makanan utama ataupun makanan pendamping. Tetapi tetap enak dimakan setelah dihangatkan kembali.

5. Tamiya / Falafel

falafel recipe, falafel nutrition, falafel sandwich, shawarma, hummus, falafel calories, falafel nutrition, baked falafel, falafel sauce

Tamiya or falatel
gambar : middleeastmenu.com

Falafel merupakan hidangan seperti bola goreng khas Arab yang disebut juga dengan kue pastel. Makanan ini dibuat dari kacang berwarna kuning yang menyerupai kacang Arab atau papa beans yang bentuknya menyerupai kacang koro namun lebih kecil.

Pertama kali hidangan ini disajikan di Mesir dan saat ini telah banyak dikonsumsi di Negara Timur Tengah. Falafel merupakan makanan wajib di Mesir, biasanya Tamiya / Falafel selalu ada di menu sarapan bersama roti dan acar khas Mesir. Rasanya yang lezat dan mengenyangkan sangat cocok bagi anda yang sedang lapar ataupun memerlukan energi yang banyak.

Adonan dibuat seperti bola kemudian digoreng hingga kecokelatan, untuk mengurangi lemak bisa juga dipanggang, namun tekstur dan rasanya jadi sedikit berbeda. Bisa dimakan sebagai camilan atau disajikan bersama lauk pauk lainnya saat makan pagi, siang ataupun malam.

Itulah beberapa makanan atau hidangan khas Mesir yang memiliki tampilan serta rasa yang unik dan menarik.

Loading...
error: